10 Aplikasi Android Terbaik 2016

Terbaik dalam definisi saya adalah yang paling memberi manfaat. Smartphone saat ini diciptakan dengan bekal teknologi yang ajaib. Benda ini diedarkan tidak hanya untuk keperluan telepon dan sms semata. Bukan pula untuk sekedar membahagiakan pengguna social media. Berbagai pengembang aplikasi berlomba-lomba menciptakan aplikasi pada smartphone untuk membantu kehidupan umat manusia.

Berikut adalah 10 aplikasi android yang paling membantu pekerjaan dan kehidupan saya sehari-hari, sepanjang 2016.

1. Gojek

gojek

Apa jadinya hidup saya ini bila tidak ada gojek. Berangkat kantor, pulang kantor, pesan makanan, belanja, kirim barang, sampai ngambil SIM yang ditilang di pengadilan pun saya percayakan kepada para driver gojek.

Pengembang aplikasi GOJEK pun tidak pernah puas dengan yang hal telah mereka capai. Inovasi demi inovasi mereka kembangkan untuk menjawab potensi kebutuhan masyarakat urban, sebut saja: pijat, salon, cuci mobil, kargo barang, tiket film, servis-cuci mobil, beli obat, sampai urusan setrikaan pakaian, mereka sediakan. Harga jasa yang ditawarkan pun terjangkau dan reasonable, bahkan beberapa jasa seperti go-food pada rumah makan tertentu masih disediakan secara gratis. Saya tidak peduli dengan kecenderungan monopoli, yang jelas masyarakat (terutama saya) sangat terbantu dengan aplikasi ini.

Kekurangan aplikasi ini buat saya adalah soal ketersediaan armada mobil go-car yang masih jarang. Ketika memerlukan kendaraan beroda empat, saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan aplikasi Uber yang lebih siap untuk itu. Tapi ga masalah, saya rasa ini hanya masalah waktu.

screenshot_2016-12-27-12-55-47-615

Pastikan aplikasi ini ada di smartphone mu. Untuk download, klik di sini.

2. WhatsApp

whatsapp

Siapa yang tidak memiliki aplikasi ini di smartphonenya? Fiturnya yang kompetitif di antara semua aplikasi penyedia layanan yang sama, berpadu dengan kemudahan dan kecepatan akses aplikasi yang terasa ringan, dan tanpa gangguan iklan, menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi pengirim pesan nomor satu di dunia. WhatsApp bahkan tidak perlu membuat media apa pun untuk mengkampanyekan produk mereka.

screenshot_2016-12-27-12-58-04-966

Pengembang aplikasi ini juga seolah mengetahui prioritas kebutuhan pengguna pesan singkat yang cepat. Lagipula, siapa yang membutuhkan identitas PIN atau sticker yang pointless?

Kalau-kalau saja WhatsApp mu terhapus, download kembali di sini.

3. Google Maps

gmaps

Sebagai pekerja lapangan yang sering memastikan lokasi tertentu, maka saya memerlukan aplikasi peta dengan kemampuan navigasi yang handal. Saya tidak bisa mengandalkan bantuan petunjuk warga “…sampeyan ke utara, abis itu ke barat, trus ke selatan mas…..” (tolong baim ya Allah….). Saya pun memutuskan untuk menggunakan Google Maps. Dibandingkan dengan kompetitornya, menurut saya, aplikasi ini lebih aktual. Potensi diarahkan ke tengah sawah atau jalan buntu oleh navigasi peta memang masih ada, tapi berdasarkan pengalaman saya, Google Maps jauh lebih baik daripada yang lain.

Ayo didownload dan senantiasa diupdate Google Maps nya, di sini.

4. Uber

uber

Untuk jasa antar manusia dengan roda empat yang paling oke saat ini masih dipegang oleh Uber. Jumlah armada yang banyak, harga jasa armadanya yang paling murah dan interface-nya yang mudah menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi favorit saya.

screenshot_2016-12-27-13-01-09-28

Bila sedang dalam tugas dinas, saya memilih menggunakan layanan Uber karena histori perjalanan diadministrasikan dengan baik oleh sistem Uber. Nota rincian perjalanan bisa kita akses dan cetak melalui email, serta dapat dipertanggungjawabkan, sehingga memudahkan HRD dan bagian keuangan kantor untuk mencairkan penggantian biaya pengeluaran perjalanan. Harga jasanya, sekali lagi, murah. Membantu negara berhemat! 🙂

Untuk wilayah Surabaya, Uber telah melengkapi layanannya dengan uberMotor. Sayangnya, tim uberMotor masih sangat minim. Respon menyanggupi untuk menjemput sih lumayan cepat, tapi nunggu dijemputnya bakalan lama, karena point keberangkatan drivernya bisa sangat jauh.

Anda di berada di kota besar dengan jangkauan pengemudi Uber? Install aplikasi ini.

5. 30 Day Fitness

30dayfitness

Olahraga yang paling baik bukanlah yang paling berat, tetapi yang rutin dilakukan, termasuk olah fisik tanpa alat berat dengan bantuan coaching digital. Karena kondisi penugasan saya saat ini tidak lagi memungkinkan untuk ke tempat kebugaran, saya tetap perlu merasa termotivasi untuk menjaga kesehatan dan aktivitas fisik. Aplikasi 30 Day Fitness ini menjawab kebutuhan saya.

Aplikasi ini dapat dijalankan dengan ringan dan dilengkapi dengan petunjuk yang memudahkan pengguna. Pengguna juga dapat menyesuaikan kemampuan dan keterlatihannya dengan pilihan paket latihan yang berbeda, bahkan sesuai dengan sasaran prioritas bagian tubuh yang ingin dilatih. Periode latihannya pun relatif singkat, 10 sampai 20 menit per sesi latihan.

Ingin tetap rutin berolahraga tapi punya masalah waktu seperti saya? Aplikasi ini mungkin cocok untuk anda, klik di sini.

6. Yahoo Mail

yahoo

Kenapa bukan gmail? Tidak ada alasan teknis untuk ini. Mungkin karena syarif_1999@yahoo.com yang saya buat di tahun 1999 adalah email pertamaku, maka secara emosional saya memfavoritkan yahoo (halah).

screenshot_2016-12-27-13-04-20-825

Yahoo Mail adalah salah satu aplikasi tersering yang saya gunakan, salah satunya untuk memantau notifikasi aplikasi lain yang kadang tidak muncul di aplikasinya sendiri.

Kalau saja memutuskan untuk menggunakan yahoo sebagai email utama, sebaiknya download aplikasi ini, di sini.

7. Tokopedia

tokopedia

Apa-apa online bikin malas gerak, termasuk urusan belanja barang incaran. Cukup geser-geser jempol barang incaran tiba di tangan dalam 2-3 hari. Ragu kualitas barang? Cukup browsing testimoni pembeli barang atas kualitas barang dan kredibilitas toko, kita sudah bisa memutuskan apa membeli barang tadi atau tidak.

Dari sekian aplikasi marketplace yang ada, saya memilih Tokopedia untuk tetap berada pada list aplikasi yang saya gunakan di smartphone saya.

screenshot_2016-12-27-13-06-07-175

Tokopedia hampir sama dengan Bukalapak. Namun sepeninjauan saya, jumlah penjual dan barang di tokopedia lebih banyak sehingga menawarkan pilihan yang lebih banyak. Pilihan yang banyak menawarkan harga yang jauh lebih kompetitif. Selisihnya tidak banyak sih, tapi sangat mempengaruhi keputusan pembeli.

Barang-barang yang dijual sangat beragam, mulai dari yang masuk akal, sampai yang di luar akal “kok ada ya yang jual barang kek gini?” hehe.

Metode pembayarannya juga lebih variatif, termasuk pembayaran dengan dompet digital (misalnya mandiri e-cash). Selain itu, tokopedia juga telah bekerjasama dengan gojek untuk menawarkan jasa pengantaran via gojek, yang pastinya bisa memungkinkan kita menerima barang incaran kita pada hari yang sama.

Silahkan cek kebenaran informasi saya dengan mendownload aplikasinya di sini. 

8. Mandiri e-Cash

mandiriecash

Mandiri e-cash membuat saya bisa berbelanja online tanpa harus repot buka laptop, njlimet memperhatikan angka kartu kredit/debit, mencari atm, apalagi harus ke bank. Aplikasi ini adalah dompet digital produk Bank Mandiri yang memungkinkan anda menyimpan ‘tabungan kecil’ pada smartphone anda. Hampir semua bank ternama memiliki layanan ini. Untuk Mandiri e-Cash, saldo maksimal yang bisa disimpan sampai dengan lima juta rupiah. Cukuplah…

Dengan Mandiri e-cash, saya bisa:

  • Beli pulsa handphone dengan ringkas
  • Beli token listrik dengan mudah
  • bayar belanja-an online (seperti tokopedia) dengan praktis

Sebenarnya gojek dan tokopedia juga menjual pulsa handphone dan token listrik. Tapi mandiri e-cash lebih cepat diakses dan tanpa tampilan yang neko-neko, karena memang fiturnya cuman buat memindahkan saldo uang. Oh iya, mandiri e-cash juga bisa buat transfer saldo ke rekening Bank Mandiri yang beneran juga.

Untuk mengisi saldo Mandiri e-cash bisa melalui atm, internet banking, atau input data nomor kartu kredit/debit mandiri. Gampil lah pokoknya.

Tidak punya rekening di Bank Mandiri? Setiap orang yang memiliki telepon seluler dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pemegang mandiri e-cash.

Silahkan unduh aplikasinya di sini.

9. WordPress

wordpress

Sebagai pengasuh sebuah blog wordpress, maka sudah barang wajib mengunduh aplikasi ini. Dengan wordpress pada smartphone, saya bisa menitipkan beberapa baris pikiran saya ketika sedang ada waktu yang harus dibunuh.

Buat saya, facebook, twitter, bahkan path sekalipun tidak lagi menjadi ruang berteriak yang pribadi. Lebih nyaman menulis di sini. WordPress cocok untuk anda yang introvert, suka menulis dan atau menggeluti dunia blogging.

Wait, am I a blogger? Are you? Check the application here

10. Google Translate

googletranslate

Aplikasi ini sudah meyelamatkan saya sekeluarga dari menelan daging babi. Suatu ketika di negeri Macau dengan mayoritas masyarakatnya yang tidak familiar dengan huruf latin dan bahasa inggris, dengan Google Translate, saya berkomunikasi dengan warga setempat untuk memastikan makanan yang akan kami makan. Aplikasi inilah yang menjadi penolong kami. Karenanya, meskipun tidak terlalu sering digunakan, Google Translate layak menjadi salah satu aplikasi terbaik 2016, pembuatnya bahkan layak dapat nobel!

screenshot_2016-12-27-13-14-43-821

Google Translate juga dilengkapi dengan fitur input suara sehingga tidak perlu mengetik apa yang ingin diterjemahkan. Hasil terjemahannya pun demikian. Smartphone cukup diarahkan ke arah lawan bicara, aplikasi ini secara otomatis menyuarakan hasil terjemahannya. Ajaib ya?

Install dan senantiasa upgrade layanan ini, di sini.


Demikian 10 aplikasi android terbaik versi saya. Kalau kamu? Coba tolong kasih rekomendasi aplikasi terbaik versi kamu di kotak komentar di bawah ini ya. Danke! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s