Transportasi Menuju dan Dari Gresik

Kota Gresik merupakan salah satu kota perintis dan penyangga kota Surabaya. Jaraknya yang entah jauh entah dekat membuat pengunjungnya bingung harus menggunakan kendaraan apa menuju ke sana, terutama bagi pemukim Surabaya dan Sidoarjo. Mereka yang mendapat amanah penugasan kerja di kota Gresik harus secara bijak menentukan cara terbaik menuju dan pulang dari Gresik, setiap harinya, sepanjang tahun, dan mungkin hingga beberapa tahun kemudian. Oh, wait, anda salah satunya?

Kali-kali saja anda mempertimbangkan menggunakan moda transportasi umum non premium , boleh menyimak cara ini: NGE-BUS!

KEBERANGKATAN

Step 1: Go-Jek

Bus menuju gresik tidak lewat, apalagi berhenti di depan rumah saya. Bus ini harus dinanti di terminal Purbaya (a.k.a. Bungurasih), Surabaya (yang letaknya berada di Sidoarjo, entahlah).

Untuk menuju terminal purbaya/bungurasih ini, saya mempercayakan kepara driver Go-Jek. Jangan bilang belum tau gojek ya. Ratenya yang paling masuk akal semenda dengan mobilitas dan kecepatan tempuhnya di tengah keramaian lalu lintas di pagi dan sore hari. Saat penulisan post ini, Nadiem Nakarim (CEO Gojek) bahkan memberikan subsidi diskon 50% kepada customer Gojek yang menggunakan Go Pay sebagai alat bayar.  Saya yang harusnya bayar 10ribu, cukup membayar 5ribu saja. Barakallah. Go pay sendiri adalah salah satu fitur di dalam aplikasi Gojek yang menjadi dompet digital yang bisa diisi saldo dan nantinya bisa digunakan untuk mengupahi aneka jasa Gojek (e.g. gofood, gocar, gosend, etc).

Astaga,… beneran anda belum pernah pake Gojek? Unduh aplikasinya di sini.

Step 2: Bus

Setiba di terminal purbaya/bungurasih, yok langsung menuju terminal keberangkatan bus antar kota. Di sana memang anda tidak akan menemukan papan GRESIK sebagai kota tujuan. Silahkan mencari bus yang berada di bawah papan TUBAN dan atau SEMARANG. Nanti silahkan bilang ke kondekturnya mau turun di terminal bunder Gresik (atau bilang pojok-stopan kalau akan turun di pertigaan jalan Dr Wahidin Sudirohusodo (raya gresik-babat)–> pemberhentian ini dianjurkan untuk yang bekerja pada kantor di jalan ini seperti kejaksaan, kantor bupati, dispenda, samsat, kantor pelayanan pajak, dan lain-lain).

Setahu saya, di pagi hari hanya ada 2 brand armada untuk trayek ini, JAYA UTAMA dan SINAR MANDIRI MULIA.

Oh iya, ada 2 jenis bus, PATAS dan EKONOMI, yang mana tempat ngetem-nya berbeda pula. Jangan salah pilih jalur bus ya. Jalur bus patas (jalur 1) ada di sebelah kiri, sementara jalur ekonominya ada di sisi kanan (jalur 8). Kedua bus ini juga nantinya menggunakan jalan tol yang sama.

Jalur 1 Patas

  • Surabaya – Tulungagung : Harapan Jaya
  • Surabaya – Pare – Wates – Blitar : Rukun Jaya
  • Surabaya – Semarang : Jaya Utama, Indonesia, Widji Lestari, Sinar Mandiri Mulia, Nusantara, Jawa Indah
  • Surabaya – Solo – Semarang : Eka Cepat, Sugeng Rahayu Cepat
  • Surabaya – Madiun – Ponorogo : Cendana, Indrapura, Restu
  • Surabaya – Solo – Jogja – Magelang : Eka Cepat
  • Surabaya – Bangkalan – Sampang – Pamekasan – Sumenep : Akas Group
  • Surabaya – Malang – Pacitan : Pacitan Jaya Putra, Aneka Jaya, Cendana, Dahlia Indah, Madjoe Utama, Sari Indah, Indrapasta, Indrapura, Borobudur
  • Surabaya – Tuban – Semarang – Magelang – Jogja : Jogja Indah
  • Surabaya – Pare – Ponorogo – Caruban : Surya Mulya (Madjoe Group)

Jalur 2 Patas

  • Surabaya – Malang : Kalisari, Menggala, Haz, Hafana, Dana Dhasih, Laksana Anda, Restu, Medali Mas, Tentrem
  • Surabaya – Jember : Akas Asri, Akas NNR, Mila Sejahtera, Ladju, Tjipto, Jember Indah, Sandy Putra, Borobudur
  • Surabaya – Banyuwangi (via Situbondo) : Akas IV, Ladju
  • Surabaya – Baturaja (via Karangjati – Ungaran – Semarang) : Surya Mulya (Madjoe Group)

Jalur 3 Ekonomi

  • Surabaya – Madiun – Solo – Jogja : Sumber Selamat, Sugeng Rahayu, Mira
  • Surabaya – Madiun – Solo – Jogja – Purwokerto – Tasikmalaya – Bandung : Mandala (Handoyo Group)
  • Surabaya – Madiun – Solo – Wonogiri : Selamat Group
  • Surabaya – Madiun – Ponorogo : Jaya, Restu, Akas Green, Madjoe Group, Mandala
  • Surabaya – Pacitan : Aneka Jaya

Jalur 4 Ekonomi

  • Surabaya – Trenggalek (Langsung Trenggalek): Pelita Indah, Harapan Jaya
  • Surabaya – Pare – Kediri : Hasti

Jalur 5 Ekonomi

  • Surabaya – Malang : Kalisari, Laksana Anda, Restu, Tentrem, Haz, Medali Mas, Pelita Mas, Zena, Malinda
  • Surabaya – Malang – Blitar : Restu, Zena, Tentrem, Medali Mas

Jalur 6 Ekonomi

  • Surabaya – Jember : Akas Asri, Ladju, Akas NNR, Akas IV, Akas 3 (Anggun Krida/Kurnia Jaya), Restu, Restu Agung, Borobudur, Surya Mulya (Rosalia Indah/Rosalia Utama)
  • Surabaya – Situbondo – Banyuwangi : Akas 3 (Anggun Krida/Kurnia Jaya), Akas IV
  • Surabaya – Ambulu : Ladju, Akas Asri

Jalur 7 Ekonomi

  • Surabaya – Bangkalan – Sampang – Pamekasan – Sumenep : Akas Asri, Akas NNR, Akas IV, DAMRI, Puji Mas.
  • Surabaya – Madiun – Solo – Jogja – Purwokerto – Brebes – Cirebon – Jakarta – Lampung : Surya Mulya (Madjoe Group), Mulyo Indah, Handoyo.

Jalur 8 Ekonomi

  • Surabaya – Semarang (via Tuban) : Jaya Utama, Indonesia, Sinar Mandiri Mulia, Widji Lestari
  • Surabaya – Semarang (via Salatiga): Sugeng Rahayu

Jalur 9

  • Surabaya – Purwokerto – Cilacap : Rosalia Indah
  • Surabaya – Magetan : Sari Indah

Jalur 10 – 12

  • Surabaya – Bandung : Kramat Djati, Pahala Kencana, Bandung Express
  • Surabaya – Mataram – Bima : Tiara Mas, Dunia Mas, Titian Mas, Rasa Sayang, Langsung Indah, Aneka Jaya

Jalur 13 – 16

  • Surabaya – Jakarta : Pahala Kencana, Lorena, Karina, Kramat Djati, Malino Putra, Setia Bhakti, Rasa Sayang, Tiara Mas, Langsung Indah
  • Surabaya – Denpasar : Gunung Harta, Restu Mulya, Wisata Komodo, Puspa Sari, Bali Perdana, Zena, Setiawan, Santoso, DAMRI, Medali Mas, AKAS IV, Puspa Indah, Sari Indah
  • Surabaya – Wonosari : Santoso

Parkir dibelakang Jalur 10 – 12

  • Surabaya – Cirebon : Harapan Kita, Coyo, EZRI, Sahabat
  • Surabaya – Jambi : Aroma Cendana Citra, Pahala Kencana, Nirwana Trans, Agam Tungga Jaya, 3 Putra Trans

(sumber: wikipedia)

 

Tarif bus patas trayek Surabaya-Gresik ditetapkan 50ribu rupiah. Sementara tarif bus ekonominya…. 7RIBU rupiah saja. Beda jauh kan? makanya hati-hati pilih busnya, hehe…

Jam keberangkatan bus ini (pagi hari) ada pilihan jam 06.00, 06.15, 06.25, dan 06.40. Bila jam kerja anda mulai pukul 07.30, maka pilihan yang paling ideal adalah keberangkatan jam 06.15 dan 06.25, anda bisa tiba di tempat kerja sekitar pukul 07.10. Lama perjalanannya relatif cepat, dalam kondisi normal, sekitar 40 menit.

Sementara bus dengan keberangkatan pukul 06.40 tidak kami sarankan. I never take it, tapi testimoni rekan kerja saya mengatakan kalau ada resiko terlambat masuk kerja bila mengendarai bus ini. Ya…kalau beruntung bisa on time lah.

Step 3: Angkot or Gojek (lagi)

Setiba di Gresik, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi yang tersedia di sana. Kebetulan tempat kerja saya dilalui oleh angkot yang berseliweran di jalan dr wahidin sudirohusodo ini, maka angkot ini lah yang menjadi pilihan terbaik. Ratenya jauh-dekat 4ribu rupiah, tapi kalau supirnya merasa kita turunnya deket aja beliau berbaik hati mencukupkan 3ribu saja. Gresik juga telah dijangkau oleh coverage Go Jek, anda juga bisa menggunakan lagi jasa abang gojek.

KEPULANGAN

Step 1: Angkot or Gojek

Untuk menuju tempat pemberhentian bus kepulangan, anda bisa menggunakan angkot dan gojek. Tapi yang perlu diperhatikan, sebaiknya tidak menuju terminal Bunder Gresik, tapi ke Pom Bensin, 700 meter sebelum terminal bunder.

 

Kebanyakan bus antar kota dari Semarang, Bojonegoro atau Tuban tersebut tidak berhenti di terminal Bunder Gresik, tapi memilih untuk melanjutkan perjalanan langsung menuju Surabaya melalui jalan tol yang berada dekat pom bensin tadi. Nah, mereka justru ngambil penumpang di pom bensin ini.

Step 2: Bus

Perhatikan, bus yang mampir di pom bensin ini ada 2 penujuan. Papan tujuannya dipasang di jendela depan bus. Bila tertulis BUNGURASIH, maka tujuan akhir perjalanan bus ini adalah terminal purbaya/bungurasih. Tapi bila tertulis SURABAYA, maka tujuan perjalanannya adalah terminal TAMBAK OSO WILANGON, yang mana jauh berbeda rutenya dengan bus tujuan bungurasih. Silahkan pertimbangkan mana yang paling dekat dengan kediaman anda.

Berbeda dengan keberangkatan, bus menuju Surabaya ini tidak bisa ditebak jam keberadaannya. Di sekitar jam 17.00 biasanya sudah ada bus yang ngetem dan menunggu penumpang di pom bensin ini. Tapi, dalam kondisi luar biasa (dengan aneka sebab), bus tersebut bisa saja baru tiba di pukul 18.30. Bisa aja…. tapi semoga ga kejadian pada anda.

Ratenya sama dengan keberangkatan, 7ribu saja.

Step 3: Go Jek

Go Jek tidak diperkenankan berada di dalam wilayah terminal bungurasih, dilarang oleh para opak (ojek pangkalan). Saya biasanya memilih untuk turun di depan rumah tahanan Medaeng, atau depan gerbang terminal Bungurasih. Nah,..di sini baru order Go Jek. Biasanya, agar tidak menunggu driver gojeknya datang terlalu lama, sekian meter sebelum turun bus, saya sudah memesan gojek dengan pick point yang sudah saya simpan di aplikasinya.

Then finally, I was home.


Ada kesan, nilai, dan pengalaman berbeda saat kita berkendara umum. Cobalah. 🙂

#############################

UPDATE: untuk menuju Gresik, anda juga bisa menggunakan bus tujuan Bojonegoro. (armada MOEDAH atau INDONESIA).

Iklan

4 Comments Add yours

  1. Bambang sutrisno berkata:

    Terimakasih atas uraian nya, sangat membantu saya, yang baru pertama mau ke Gresik.

    Suka

  2. omcalip berkata:

    dari 8200an view artikel blog ini hingga hari ini, cuman sampeyan aja yg bersedia nulis komen. makasih banget ya mas! 👍

    Suka

  3. Ayu berkata:

    Terminal bunder ini tmptnya d mna y?

    Suka

  4. omcalip berkata:

    Terminal Bunder
    Terminal Bunder, JL. Raya Banjarsari, Banjarsari, 61171 Surabaya, Indonesia, Banjarsari, Cerme, Gresik Regency, East Java

    https://goo.gl/maps/rwvc6PTaB3v

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s