Cinematic Color Grading Secara Mudah dengan Blender VSE

Note: Tutorial ini kami tujukan untuk pengguna Blender tingkat dasar hingga menengah.

Sudah beberapa bulan ini saya mencoba mempelajari teknik color grading dengan nuansa ala cinematic, dengan menggunakan Blender VSE (Video Sequence Editor). Saya mencari tutorialnya di youtube, dan saya memang menemukan beberapa youtuber yang menyajikan langkah-langkahnya secara terperinci. Tapi ketika saya melihat rangkaian langkahnya yang penuh tahapan dan durasi video yang mencapai puluhan menit,…. well…. maybe i will watch them later.

Akhirnya saya mencoba ngulik software ini dan menemukan cara mudah untuk mengubah nuansa warna video/film menjadi cinematic, semudah sim-sala-bim. 🙂

Langkah pertama, selesaikanlah proses editing video/film anda pada Belnder hingga tahapan akhir, seperti cutting, merging, animating, dan lain-lain. Setelah yakin tahapan ini selesai, anda bisa melangkah ke tahapan color grading, karena color grading ala praktis ini akan mengubah keseluruhan nuansa warna pada video/film anda.

2. Langkah selanjutnya, pada Properties area, pilihlah tab Scene.

1kecil

Screenshot_2016-10-06_09-31-00.png

3. Lalu, scroll area properties ini hingga anda menemukan bagian Color Management. Lihatlah sub bagian Render, Di situ anda akan menemukan opsi View, dengan pilihan standar ‘Default’. Anda juga akan menemukan opsi Look dengan pilihan standar ‘None’.

2kecil.png

Screenshot_2016-10-06_09-32-13.png

4. Nah, saatnya menggunakan trik magic-nya. Pada opsi View ini, ubahlah pilihannya dari ‘Default’ menjadi ‘Film’. Anda bisa melihat perubahan nuansa warna film/video anda pada layar playback menjadi lebih dramatis.

3kecil.png

Screenshot_2016-10-06_09-32-40.png

5. Langkah berikutnya, pada opsi Look, ubahlah pilihan ‘None’ menjadi pilihan tampilan color grading yang anda perlukan. Anda bisa mencobanya satu per satu hingga menemukan nuansa warna yang anda butuhkan.

Screenshot_2016-10-06_09-34-48.png

6. Pada tutorial ini, saya menggunakan pilihan Agfa Agfacolor Ultra 050 karena saya memerlukan nuansa bluish yang cerah dan dramatis.

Screenshot_2016-10-06_09-36-40.png

Selesai. Gampang toh? Anda selanjutnya bisa ke tahapan rendering untuk mendapatkan hasil film/video-nya. Anda bisa melihat perbandingan before and after-nya pada video saya berikut ini:

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. 🙂

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s