Membuat Animasi Bumper/Intro dengan Blender

Seseorang di dunia maya bernama Leyve telah berbaik hati membagikan file template animasi intro/bumper 3D dengan hasil seperti video di atas. Dengan file tersebut, kita bisa memodifikasi tulisan “YOUR NAME”nya menjadi kata-kata yang kita inginkan. Anda bisa menggunakan animasi ini untuk berbagai keperluan, seperti intro untuk channel youtube dan lain-lain.

Download Blender

Animasi di atas dikerjakan dengan menggunakan software open source yang gratis nan legal bernama Blender.  Blender adalah sebuah software animasi dengan ragam pemanfaatan, antara lain modelling 3D, animasi, video editing, dan pembuatan game. Bila ingin membuat animasi tersebut, tentu saja langkah pertamanya adalah mengunduh dan menginstall Blender. Anda bisa mendapatkannya melalui link berikut https://www.blender.org/download/

Blender disediakan secara cross platform untuk berbagai operating system mulai dari Linux, Mac, dan Windows. Jadi, siapa saja bisa menggunakannya. Setelah berhasil diunduh secara utuh, install-lah file software installer yang dimaksud.

Download File Template

Langkah selanjutnya adalah mengunduh file template yang telah dibagikan tersebut. Silahkan unduh di sini.

Setelah berhasil diunduh secara lengkap, ekstraklah file kompresi tersebut sehingga mendapatkan file dengan ekstensi/format .blend.

Langkah Modifikasi File

Bukalah file template tersebut dengan Blender. Bila pemilik file tersebut belum merubah nama filenya, seharusnya file dapat dilihat dengan nama Template 33 byLeyve.blend

Anda akan mendapati tampilan interface sebagai berikut

Screenshot_2016-09-03_18-32-03.png

Untuk mengubah/memodifikasi tulisan YOUR, silahkan klik kanan tulisan YOUR tersebut. Kita akan melihat tulisan YOUR akan dikelilingi tepian berwarna orange.

Screenshot_2016-09-03_20-15-48.png

Selanjutnya, tekan tombol tab pada keyboard. Kini, Anda dapat menghapus dan mengganti tulisan YOUR dengan kata yang anda inginkan.

Screenshot_2016-09-03_20-19-45.png

Setelah mengubahnya, akhiri proses editing kata tadi dengan sekali lagi menekan tombol tab.

Screenshot_2016-09-03_20-22-30.png

Selanjutnya, lakukan hal yang sama dengan tulisan YOUR yang berwarna coklat dan tulisan lainnya.

Screenshot_2016-09-03_21-00-59.png

Langkah Rendering

Setelah proses editing selesai, simpanlah (save) pekerjaan anda terlebih dahulu. Kemudian, kita masuk proses rendering, atau export, atau menghasilkan file animasi berformat video yang dapat diputar di berbagai media player atau untuk diunggah di youtube. Perhatikan gambar berikut.

Screenshot_2016-09-03_22-05-09

Untuk proses rendering, pertama-tama kita harus menentukan letak folder hasil file rendering nantinya. Pada kotak dialog rendering sisi kanan layar, klik output untuk mendapatkan option yang lebih banyak pada segmen output. Arahkan folder yang anda kehendaki, sebagaimana contoh gambar di atas.

Selanjutnya, pastikan format file video hasil rendering animasi nantinya dalam bentuk yang Anda inginkan. Di sini, formatnya telah ditetapkan dengan format AVI

Screenshot_2016-09-03_22-34-58.png

Bila konfigurasi telah sesuai, langkah selanjutnya adalah proses rendering itu sendiri. Klik Animation.

Screenshot_2016-09-03_22-39-13

Proses rendering dengan konfigurasi ini akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Silahkan menunggu, dan jauhkan unit desktop/laptop Anda dari kemungkinan gangguan interupsi. Bila tidak ada masalah, file hasil rendering dapat Anda temukan di folder yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Selamat mencoba.

Aplikasi Ilmu

Saya sendiri menggunakan file template di atas dan memodifikasinya dengan pekerjaan teknis tambahan lainnya, dengan hasil animasi di bawah ini. Memang memerlukan observasi tools dan latihan yang lebih rutin untuk lebih menguasai software ini. Silahkan menyimak tutorial tambahannya yang banyak ditemukan di youtube.

Ok, video animasi kami berikut ini berupa bumper opening suatu event penghargaan. Silahkan ditengok. 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s