Susu + Air Panas = Larutan Tepung

Saya pun bertanya-tanya kepada mereka, kenapa sih harus pake air panas? atau bahkan dengan air mendidih? kebanyakan dari pelaku peracikan susu formula dan air panas ini menganggap bahwa air panas bisa mempermudah melarutkan susu formula atau susu bubuk lainnya. Ada juga di antaranya tidak mengetahui alasannya, mereka melakukannya karena sudah menjadi kebiasaan turun temurun. Setelah membaca tulisan ini, semoga kebiasaan menyeduh susu dengan air panas, apalagi susu formula untuk anak anda, dapat ditinggalkan.

Hal yang harus dipahami terlebih dahulu adalah tujuan menyajikan larutan susu itu. Bahwa memanjakan lidah, adalah tujuan sekunder. Tujuan utama dari meminum susu adalah memberikan asupan gizi untuk tubuh yang kaya terkandung pada susu. Kandungan gizi, terutama protein susu, ternyata hanya dapat bermanfaat dikonsumsi pada suhu normal. Protein akan rusak pada suhu setengah titik didih, atau 50 derajat celcius. Premisnya, apabila susu bubuk diseduh dengan air yang baru saja dididihkan, maka kandungan gizi pada susu tersebut rusak dan tidak dapat memberikan manfaat nutritif bagi tubuh, ibarat meminum larutan tepung.

Nah, sekarang ayah dan bunda tahu cara kerja dan reaksi gizi pada susu, termasuk susu formula bayi. Susu formula bayi, itu, mahal, ayah, bunda, apalagi susu formula dengan kandungan enzim plus. Sayang sekali bila protein dan zat gizi dari susu formula itu, tidak berfungsi, hanya karena ketidaktahuan kita pada reaksi fisika-kimia ini. Anda pun tak perlu khawatir dengan upaya melarutkan susu bubuk di dalam air. Semua susu formula mudah larut dalam air pada suhu normal, bahkan dalam air dingin sekalipun. Lagian, bila itu untuk bayi, anda tetap akan menunggu suhu larutan susu nya aman untuk dikonsumsi bayi, bukan?

Entah untuk anda, atau bayi anda, seduhlah susu bubuk/formula, dengan air biasa, atau sekedar hangat.

Semoga bermanfaat.

Iklan

One Comment Add yours

  1. Dolly berkata:

    And I thought we had much of the wet stuff. Hope it all get sorted soon. You have done a very sweet card, really cute. Love n husMragie

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s