Positif hamil? Sedia kertas lakmus.

Sewaktu duduk di bangku sekolah, kita diminta untuk membeli dan mempelajari reaksi kertas lakmus dan cairan tertentu tanpa tahu tujuan dan manfaatnya. Saat itu respon kita saat melihat perubahan warna kertas adalah “…wow…., so?… ”

Bagi anda yang tengah berbahagia karena akan menyandang status ayah atau bunda, sebaiknya menyediakan kertas lakmus ini.

Terkadang, proses kehamilan hingga kelahiran, tidak selalu berlangsung tanpa gangguan

. Salah satu gangguan kehamilan yang cukup sering ditemui adalah merembesnya air ketuban dari rahim tanpa disadari oleh calon ibu, padahal masih jauh dari masa kelahiran. Gangguan seperti ini sama sekali tidak boleh dianggap remeh. Selain berfungsi sebagai media nutrisi bagi janin, air ketuban inilah yang menyediakan ruang bagi janin untuk tinggal di dalam rahim. Kekurangan cairan ketuban secara berkelanjutan, dapat menyebabkan janin tak memiliki ruang gerak dan resiko yang paling buruk, nyawa sang calon buah hati tak dapat terselamatkan.

Terkadang, terutama bagi wanita yang baru pertama kali hamil, kesulitan membedakan, apakah itu cairan keputihan, atau air ketuban yang merembes. Meskipun air ketuban memiliki ciri-ciri yang detail, seperti lebih jernih, tidak kental, dan keluar tanpa disadari, ada perlunya mengetahui secara pasti apakah itu cairan keputihan biasa atau air ketuban.

Di sinilah persediaan kertas lakmus anda dapat berfungsi.

Basahi separuh bagian kertas lakmus tadi dengan cairan tersebut. Bilamana kertas lakmus tidak mengalami perubahan warna, maka bisa dipastikan itu hanyalah cairan keputihan biasa saja. Namun bila kertas lakmus mengalami perubahan warna (dari warna merah menjadi warna biru), segera packing beberapa pakaian dan dokumen asuransi, anda harus ke rumah sakit agar sang ibu total bed-rest dan ditangani secara lebih intensif, karena itu cairan ketuban. Reaksi kimia yang terjadi pada kertas lakmus ialah, cairan ketuban yang bersifat basa, mengubah warna pada kertas lakmus tersebut. Anda mungkin tidak perlu secara bertahap menemui dokter yang praktek pribadi di rumah, karena biasanya anda akhirnya dirujuk untuk segera rawat inap di rumah sakit. Over reacted? kata dokter kami dulu, ” ini (calon anak) kalo ada apa-apa, ga bisa dibeli di supermarket…”

Nah, lalu dimana anda bisa mendapatkan kertas lakmusnya? Anda bisa mencoba membelinya di apotik,atau di tempat praktek bidan delima terdekat. Pengalaman kami dulu, mencoba membeli di bidan, malah diberi secara gratis. 🙂

Iklan

2 Comments Add yours

  1. Laily Nurwinda Putri berkata:

    Dokter rachmad ya mbakk. Samaa, digituinn juga tiap kontrol, hihihi.

    Suka

  2. ayah berkata:

    hehehe… bener mbak! berarti kata2 itu trademark nya dokter rahmat ya.. hehe

    btw,… penulis blog ini ‘ayah’ lho mba… hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s