Pre-born Documentation

Enak ya anak lahir jaman sekarang, asal orang tuanya banci social media, histori kenangan anak mulai lahir hingga remaja, atau hingga dia bisa mengelola akun social medianya sendiri, bisa terdokumentasi dengan baik. Pada saat dia besar, dia akan tersenyum-senyum saat mengintip akun facebook ayahnya atau akun path bundanya dan mendapati foto masa kecilnya di sana.

Foto-foto masa kecilnya bisa menjadi aman karena sudah disimpan dalam format digital dengan kualitas warna asli, sehingga dapat dicetak kapan pun. Tidak akan ada istilah foto yang hilang, karena tersimpan selamanya di server ‘awan’.

Wait, did we skip something? Yup, bahkan sebelum dia lahir dan masih menjadi janin, banyak orang tua yang gemar mengunggah foto USG janin dan video 4Dnya.

Kami sendiri termasuk yang ‘gagal’ mengunggah video USG 4D janin dalam kandungan, it simply because kami tidak sempat mengajukan permintaan rekam 4D pada saat yang diharuskan. Saat kami datang ke tempat layanan USG 4D ini, usia kehamilan bunda sudah memasuki bulan ke 8, sedangkan usia kehamilan yang dianjurkan untuk fasilitas ini adalah maksimal 7 bulan kehamilan, alhasil yang kami dapatkan adalah hanyalah gambar plasenta ari-ari, tentunya tidak dapat dilakukan pengambilan videonya.

But dont worry son, ayah tidak akan mengecewakanmu. Ayah mengamankan semua print-out USG mu dan menjadikannya sebuah teaser ala-ala film bisokop 2 bulan sebelum kamu benar-benar “launching” :p

Catatan Ayah untuk pre-born documentation:

  1. Selama masa kehamilan, apabila sedang berkunjung memeriksakan kandungan pada klinik yang menyediakan fasilitas USG, apabila biaya cetak USG termasuk dalam biaya pemeriksaannya, mintalah selalu untuk mencetak hasil scan nya. Apabila terdapat biaya tambahan, cetaklah cukup 2 bulan sekali, karena dalam 1 bulan, tidak terdapat perbedaan yang menonjol pada fisik janin.
  2. Segera scan hasil printout USG nya, dan simpan tidak hanya pada harddisk laptop anda, tapi juga pada email anda dan akun social media anda. There, fotonya kini telah aman sepanjang masa.
  3. Jika anda punya keterampilan membuat videonya, jadikan foto-foto tadi menjadi sebual video galeri foto, dan tentunya, ‘amankan’ di youtube atau vimeo. Anda dapat menggunakan Windows Movie Maker bila laptop anda menggunakan Windows, atau Openshot bila menggunakan Linux.
  4. Bila anda berminat merekam USG 4D, lakukanlah maksimal sebelum kandungan memasuki bulan ke 7. Biaya fasilitas ini bervariasi mulai 400 hingga 700 ribu rupiah.
  5. Tidak sekedar mengunggah, cantumkan catatan manis di keterangan foto/video pada saat anda mengamankannya di social media.

Abadikanlah semua memori pre-born ini dengan baik, sehingga ketika anak anda sudah dewasa dan melihat memori tersebut, dia akan menyesal pernah tidak mematuhi ayah dan bundanya. And yes, they will love you more… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s