Di Balik Lembaran Hina

Jika satu paket aktifitas stop motion (bungkuk-tata benda-tegak-shoot kamera) menghabiskan 1 kalori, maka paling tidak pembuatan film pendek LEMBARAN HINA membakar 312 kalori. Inilah pembuatan film yang paling menyehatkan bagi directornya @msyarifm.

Sejumlah 312 foto yang diperlukan untuk membuat film pendek berdurasi 1 menit 47 detik ini. Bercerita leksikal sesuai dengan bunyi tweet fiksimininya:

RT @msyarifm: LEMBARAN HINA. Kertas mengejar pena. “Nodai aku…”

Sepanjang film anda akan melihat adegan kertas yang mengejar-ngejar pena untuk ‘dinodai’. Yup, betul, hanya ada kertas dan pena, serta beberapa pemeran pembantu seperti sepaket pensil warna dan serutan pensil.

Pembuatannya sangat sederhana. Kami bahkan tidak menggunakan kamera video. Di sini kami hanya memerlukan kamera Canon 1000D milik kami beserta tripodnya, untuk mengambil gambar-gambar adegan yang telah kami tata. Satu shoot gambar untuk satu perubahan tata adegan benda. Begitu seterusnya hingga cerita berakhir (lebih tepatnya ketika kami sudah lelah :p).

Berbicara sedikit teknis, film ini kami kerjakan dengan 2 aplikasi khusus, yakni Luciole, untuk menyatukan banyak gambar menjadi gerak animasi, serta Openshot untuk final editing seperti mixing suara backsound, timing, tema, dan inserting beberapa atribut tertentu. Kedua aplikasi tersebut mudah dan dapat anda gunakan secara bebas pada distro-distro Linux.

Oke. Demikianlah. Semuanya sederhana. Apalagi yang kau tunggu, buat film mini mu! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s